Pembuatan Program Cetak Kata GUI Java Neatbeans
1.) Program Cetak Kata GUI Sederhana
Langkah-langkah :
pada java Netbeans Siapkan
4 JLabel
1 TextField
1 TextArea
1 Text Pane
1 Button
Desain Seperti ini
Klik Kanan Pada JLabel pilih Edit Text
-Klik Kanan JTextfield > Change Variable Name (NamaTextField)
-Klik Kanan TextArea > Change Variable Name (PesanTextArea)
-Klik Kanan TextPane > Change Variable Name (Cetak_kataTextPane)
-Klik Kanan Button > Change Variable Name (btnCetak)
Pada Button Cetak Masukkan Source code dengan cara Klik kanan Pada Button Cetak > events > action > ActionPerformedbtnCetak
private void btnCetakActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
String nama = (NamaTextField.getText());
String pesan = (PesanTextArea.getText());
Cetak_kataTextPane.setText(" Nama Saya "+nama+" dan saya membuat pesan " +pesan);
}
HASIL
2.) Program Cetak Proses GUI Sederhana (Study Kasus)
Sebelum
Sesudah
Langkah-langkah :
pada java Netbeans Siapkan
1 JTextField
16 Button
Pada Button 0 Klik Kanan > Change Variable Name (btn0/ begitu seterusnya sampai btn9)
Masukkan Source code Perhitungan
package Latihan1;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Toolkit;
/**
*
* @author Luthtiansyah5
*/
public class Cetak_Prosses extends javax.swing.JFrame {
//konstruktor
Dimension screenSize=
Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
Dimension frameSize= getSize();
String angka;
double jumlah,angka1,angka2,angka3,angka4,angka5,angka6,angka7,angka8,angka9;
int pilih;
public Cetak_Prosses() {
initComponents();
setTitle("Luthtiansyah 181011400736");
angka ="";
}
/**
* This method is called from within the constructor to initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
* regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings("unchecked")
KEMUDIAN,
Klik Kanan Button 0 > events > action > ActionPerformedbtn0
masukkan source code untuk Button 0 (lakukan hal yang sama pada button 1 sampai 9 (sesuaikan angkanya))
private void btn0ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka += "0";
Display.setText(angka);
}
-Klik Kanan JTextField > Change Variable Name ( Display)
-Klik Kanan Button Pada + (tambah) > Change Variable Name (btntambah)
-Klik Kanan Button Pada - (kurang) > Change Variable Name (btnkurang)
-Klik Kanan Button Pada x (kali) > Change Variable Name (btnkali)
-Klik Kanan Button Pada / (bagi) > Change Variable Name (btnbagi)
-Klik Kanan Button Pada = (hasil) > Change Variable Name (btnhasil)
-Klik Kanan Button Pada C (reset) > Change Variable Name (btnreset)
Klik Kanan Button + (tambah) > events > action >ActionPerformedbtntambah
isi source code
private void btntambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Double.parseDouble(angka);
Display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
}
Klik Kanan Button - (kurang) > events > action >ActionPerformedbtnkurang
isi source code
private void btnkurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Integer.parseInt(angka);
Display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
}
Klik Kanan Button x (kali) > events > action >ActionPerformedbtnkali
isi source code
private void btnkaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Integer.parseInt(angka);
Display.setText("X");
angka="";
pilih=3;
}
Klik Kanan Button / (bagi) > events > action >ActionPerformedbtnbagi
isi source code
private void btnbagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Integer.parseInt(angka);
Display.setText("/");
angka="";
pilih=4;
}
Klik Kanan Button = (hasil) > events > action >ActionPerformedbtnhasil
isi source code
private void btnhasilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch(pilih){
case 1:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
case 2:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1-angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
case 3:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1*angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
case 4 :
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1/angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
default:
}
}
Klik Kanan Button C (reset) > events > action >ActionPerformedbtnhasil
isi source code
private void btnresetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Display.setText("");
angka1=(int) 0.0;
angka2=(int) 0.0;
jumlah=(int) 0.0;
angka="";
}
SEKIAN, Terima Kasih :)
Langkah-langkah :
pada java Netbeans Siapkan
1 JTextField
16 Button
Pada Button 0 Klik Kanan > Change Variable Name (btn0/ begitu seterusnya sampai btn9)
Masukkan Source code Perhitungan
package Latihan1;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Toolkit;
/**
*
* @author Luthtiansyah5
*/
public class Cetak_Prosses extends javax.swing.JFrame {
//konstruktor
Dimension screenSize=
Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
Dimension frameSize= getSize();
String angka;
double jumlah,angka1,angka2,angka3,angka4,angka5,angka6,angka7,angka8,angka9;
int pilih;
public Cetak_Prosses() {
initComponents();
setTitle("Luthtiansyah 181011400736");
angka ="";
}
/**
* This method is called from within the constructor to initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
* regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings("unchecked")
KEMUDIAN,
Klik Kanan Button 0 > events > action > ActionPerformedbtn0
masukkan source code untuk Button 0 (lakukan hal yang sama pada button 1 sampai 9 (sesuaikan angkanya))
private void btn0ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka += "0";
Display.setText(angka);
}
-Klik Kanan JTextField > Change Variable Name ( Display)
-Klik Kanan Button Pada + (tambah) > Change Variable Name (btntambah)
-Klik Kanan Button Pada - (kurang) > Change Variable Name (btnkurang)
-Klik Kanan Button Pada x (kali) > Change Variable Name (btnkali)
-Klik Kanan Button Pada / (bagi) > Change Variable Name (btnbagi)
-Klik Kanan Button Pada = (hasil) > Change Variable Name (btnhasil)
-Klik Kanan Button Pada C (reset) > Change Variable Name (btnreset)
Klik Kanan Button + (tambah) > events > action >ActionPerformedbtntambah
isi source code
private void btntambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Double.parseDouble(angka);
Display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
}
Klik Kanan Button - (kurang) > events > action >ActionPerformedbtnkurang
isi source code
private void btnkurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Integer.parseInt(angka);
Display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
}
Klik Kanan Button x (kali) > events > action >ActionPerformedbtnkali
isi source code
private void btnkaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Integer.parseInt(angka);
Display.setText("X");
angka="";
pilih=3;
}
Klik Kanan Button / (bagi) > events > action >ActionPerformedbtnbagi
isi source code
private void btnbagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1=Integer.parseInt(angka);
Display.setText("/");
angka="";
pilih=4;
}
Klik Kanan Button = (hasil) > events > action >ActionPerformedbtnhasil
isi source code
private void btnhasilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch(pilih){
case 1:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
case 2:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1-angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
case 3:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1*angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
case 4 :
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1/angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
Display.setText(angka);
break;
default:
}
}
Klik Kanan Button C (reset) > events > action >ActionPerformedbtnhasil
isi source code
private void btnresetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Display.setText("");
angka1=(int) 0.0;
angka2=(int) 0.0;
jumlah=(int) 0.0;
angka="";
}
SEKIAN, Terima Kasih :)
Komentar
Posting Komentar