Pembuatan Program Cetak Kata GUI Java Neatbeans

1.) Program Cetak Kata GUI Sederhana


Langkah-langkah :

pada java Netbeans Siapkan
4 JLabel
1 TextField
1 TextArea
1 Text Pane
1 Button

Desain Seperti ini











Klik Kanan Pada JLabel pilih Edit Text











-Klik Kanan JTextfield > Change Variable Name (NamaTextField)
-Klik Kanan TextArea > Change Variable Name (PesanTextArea)
-Klik Kanan TextPane > Change Variable Name (Cetak_kataTextPane)
-Klik Kanan Button > Change Variable Name (btnCetak)

Pada Button Cetak Masukkan Source code dengan cara Klik kanan Pada Button Cetak > events > action > ActionPerformedbtnCetak

 private void btnCetakActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
   String nama = (NamaTextField.getText());
   String pesan = (PesanTextArea.getText());
   Cetak_kataTextPane.setText(" Nama Saya "+nama+" dan saya membuat pesan " +pesan);
  
    }       

HASIL






2.) Program Cetak Proses GUI Sederhana (Study Kasus) 

Sebelum
                                









Sesudah











Langkah-langkah :

pada java Netbeans Siapkan
1 JTextField
16 Button

Pada Button 0 Klik Kanan > Change Variable Name (btn0/ begitu seterusnya sampai btn9)












Masukkan Source code Perhitungan
package Latihan1;

import java.awt.Dimension;
import java.awt.Toolkit;

/**
 *
 * @author Luthtiansyah5
 */
public class Cetak_Prosses extends javax.swing.JFrame {
    //konstruktor
    Dimension screenSize=
            Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
    Dimension frameSize= getSize();
   

    String angka;
    double jumlah,angka1,angka2,angka3,angka4,angka5,angka6,angka7,angka8,angka9;
    int pilih;
    public Cetak_Prosses() {
        initComponents();
        setTitle("Luthtiansyah 181011400736");
        angka ="";
    }

    /**
     * This method is called from within the constructor to initialize the form.
     * WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
     * regenerated by the Form Editor.
     */
    @SuppressWarnings("unchecked")

KEMUDIAN,
Klik Kanan Button 0 > events > action > ActionPerformedbtn0 
masukkan source code untuk Button 0 (lakukan hal yang sama pada button 1 sampai 9 (sesuaikan angkanya))

 private void btn0ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
    angka += "0";
    Display.setText(angka);
    }              
                  
-Klik Kanan JTextField > Change Variable Name ( Display) 
-Klik Kanan Button Pada + (tambah) > Change Variable Name (btntambah)
-Klik Kanan Button Pada - (kurang) > Change Variable Name (btnkurang)
-Klik Kanan Button Pada x (kali) > Change Variable Name (btnkali)
-Klik Kanan Button Pada / (bagi) > Change Variable Name (btnbagi)
-Klik Kanan Button Pada = (hasil) > Change Variable Name (btnhasil)
-Klik Kanan Button Pada C (reset) > Change Variable Name (btnreset)

Klik Kanan Button + (tambah) > events > action >ActionPerformedbtntambah
isi source code

private void btntambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
    angka1=Double.parseDouble(angka);
    Display.setText("+");
    angka="";
    pilih=1;
    }  

Klik Kanan Button - (kurang) > events > action >ActionPerformedbtnkurang
isi source code

private void btnkurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
    angka1=Integer.parseInt(angka);
    Display.setText("-");
    angka="";
    pilih=2;
    }        

Klik Kanan Button x (kali) > events > action >ActionPerformedbtnkali
isi source code

private void btnkaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
    angka1=Integer.parseInt(angka);
    Display.setText("X");
    angka="";
    pilih=3;
    }      

Klik Kanan Button / (bagi) > events > action >ActionPerformedbtnbagi
isi source code

private void btnbagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
    angka1=Integer.parseInt(angka);
    Display.setText("/");
    angka="";
    pilih=4;
    }

Klik Kanan Button = (hasil) > events > action >ActionPerformedbtnhasil
isi source code

private void btnhasilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
    switch(pilih){
        case 1:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 + angka2;
            angka  = Double.toString(jumlah);
            Display.setText(angka);
            break;
            case 2:
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah=angka1-angka2;
                angka=Double.toString(jumlah);
                Display.setText(angka);
                break;
            case 3:
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah=angka1*angka2;
                angka=Double.toString(jumlah);
                Display.setText(angka);
                break;
            case 4 : 
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah=angka1/angka2;
                angka=Double.toString(jumlah);
                Display.setText(angka);
                break;
               
        default:
    }
    }    

Klik Kanan Button C (reset) > events > action >ActionPerformedbtnhasil
isi source code

private void btnresetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
    Display.setText("");
    angka1=(int) 0.0;
    angka2=(int) 0.0;
    jumlah=(int) 0.0;
    angka="";
    }                                

                      
 SEKIAN, Terima Kasih :)



                  



        















Komentar